Info
Sukses & Selamat, KPM 2017 di Kecamatan Maniis Kab. Purwakarta

Telah dibuka Pendaftaran S2 Prodi PAI. Contact Person 087879621284 WA Only

Hot issue, klik running text ini
Kontak Kami
home   Jl. Baru Maracang (Jl. Srikandi)
    No. 35, Purwakarta, Jawa Barat, 41118
phone   +6285 87153 6863
email   staimuttaqien@yahoo.co.id
website   www.staimuttaqien.ac.id
Artikel

Sejarah STAI DR.KHEZ. Muttaqien bermula dari adanya keinginan sebagian warga Purwakarta yang ingin terus melanjutkan studinya. Saat itu, Universitas Islam Bandung (UNISBA) merespon keinginan tersebut dengan membuka kelas jauh program studi Pendidikan Agama Islam (PAI). Hal ini disambut baik oleh masyarakat Purwakarta, sehingga banyak warga masyarakat yang menyekolahkan anaknya ke kelas jauh UNISBA tersebut. Melihat antusiasme warga Purwakarta untuk menigkatklan jenjang pendidikan melalui kelas jauh PAI UNISBA tersebut, mendorong salah satu ulama sekaligus tokoh terkenal saat itu yaitu, DR.KHEZ. Muttaqien untuk mewakafkan tanah dan membangun sarana pendidikan di Purwakarta yakni di Jalan Letjen Basuki Rahmat 37.

Dalam perkembangannya, perkuliahan kelas jauh tersebut dihentikan, terkait adanya larangan kelas jauh. Untuk legalisasi kelompok kuliah kelas jauh tersebut, pihak UNISBA kemudian membentuk tim pendirian yayasan yang nantinya sebagai payung pendirian program studi PAI. Maka yayasan yang diberi nama Yayasan Pendidikan Islam DR.KHEZ. Muttaqien. YPI inilah yang kemudian membentuk tim pembukaan program studi PAI, dan akhirnya terbitlah izin operasional yang berdasar pada Surat Keputusan Ketua Kopertais Wilayah II Jawa Barat Nomor 03 tahun 1987 tentang Izin Operasional Sekolah Tinggi Tarbiyah (STT) DR. KHEZ. Muttaqien Purwakarta tanggal 1 Juli 1987.

Keberadaannya kemudian dikukuhkan dan berubah menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) DR. KHEZ. Muttaqien Purwakarta dengan terbitnya Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 68 tahun 1991 tentang Pemberian Status Terdaftar Program Sarjana (S1) Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah DR. KH. EZ. Muttaqien Purwakarta Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI). Selanjutnya ditetapkan pula oleh Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 378 tahun 1995 tentang Perubahan Nama Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) DR. KH. EZ. Muttaqin Purwakarta menjadi Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) DR. KH. EZ. Muttaqin Purwakarta, Penetapan Kembali dan Pemberia Status Terdaftar Program Sarjana (S1) Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Jurusan Ahwal al-Syakhsyiyyah .

Dalam perjalanannya yang sangat panjang tersebut, Prodi Pendidikan Agama Islam STAI DR. KHEZ. Muttaqien terus berbenah diri dengan melakukan akreditasi di tahun 2000, yakni berdasar pada Surat Keputusan BAN PT Nomor 012/BAN-PT/Ak-­IV/VI/2000 tanggal 23 Juni 2000 dengan hasil C masing-masing untuk prodi Pendidikan Agama Islam dan Ahwal Syakhsiyyah.

Selanjutnya Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) DR. KHEZ. Muttaqien memperpanjang izin penyelenggaraan Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Peradilan Agama (Akhwal Syakhsiyyah), hal ini berdasar pada Surat Keputusan Direktur Jenderal Kelembagaan Agama Islam Nomor: Dj.II/232/2004 tanggal 28 Juli 2004 . Dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan, di tahun 2008 Program Studi Pendidikan Agama Islam kemudian melakukan akreditasi kembali, dan berhasil menaikkan peringkat menjadi B. Hal ini berdasar pada Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) Nomor 012/BAN-PT/Ak-XI/S1/VI/2008 tanggal 28 Juni 2008.

Pada tahun 2009 Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) DR. KHEZ. Muttaqien Purwakarta telah mendapatkan perpanjangan Izin Penyelenggaraan Program Studi Perguruan Tinggi Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) dari Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Departemen Agama RI Nomor Dj.I/362/2009 tanggal 30 Juni 2009, dengan masa berlaku lima tahun. Sesuai perkembangannya, pada tahun 2013, Prodi PAI dan AS mengadakan akreditasi kembali, dan memperoleh nilai B untuk PAI dan C untuk AS.

Dan kini, di tahun akademik 2014/2015 sebagai pengembangan kelembagaan hadir prodi baru yakni Ekonomi Syariah, kehadirannya sesuai dengan no.

Kehadiran seluruh prodi yang berorientasi pada pengembangan pendidikan Agama Islam dan pengembangan keilmuan Islam merupakan icon utama eksistensi Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) DR. KHEZ. Muttaqien Purwakarta.

Waktu
Gallery
Social Media

fb

twitter

Pengunjung