Sekolah Tinggi Agama Islam DR. KHEZ. Muttaqien (selanjutnya disebut STAI DR. KHEZ. Muttaqien) merupakan perguruan tinggi Islam swasta yang ada di kabupaten Purwakarta, Jawa Barat yang telah merintis dan menyelengarakan program pendidikan sejak tahun 12 Februari 1975 bertepatan dengan tanggal 08 Muharram 1395 H. Keberadaan STAI DR. KHEZ. Muttaqien pada awalnya merupakan kelas jauh dari fakultas tarbiyah Universitas Islam Bandung (UNISBA). Nama DR. KHEZ. Muttaqien itu sendiri di ambil dari pendirinya yakni DR. (HC) KH. EZ. Muttaqien, seorang ulama terkenal yang juga menjabat sebagai rektor UNISBA saat itu.

Di awal sejarah berdirinya, pemerintah dalam hal ini melalui Departamen Agama RI (istilah saat itu) melarang adanya perkuliahan kelas jauh yang diselenggarakan lembaga perguruan tinggi. Dan semenjak adanya himbauan itu diedarkan, UNISBA kemudian membentuk tim pendirian perguruan tinggi baru yang berdikari dan pendirian yayasan yang nantinya sebagai payung hukum perguruan tinggi tersebut. Pada akhirnya berkat adanya bimbingan rektor UNISBA saat itu, fakultas tarbiyah kelas jauh dari UNISBA tersebut berubah menjadi Sekolah Tinggi Tarbiyah (STT) berdasarkan Surat Keputusan KOPERTAIS Wilayah II Jawa Barat Nomor 03/ 1987 tentang izin operasional Sekolah Tinggi Tarbiyah (STT)DR. KHEZ. Muttaqien tertanggal 01 Juli 1987 di bawah Yayasan UNISBA. Dan pada tahun berikutnya, berdasarkan surat akta notaris Rahayu Benny Sofian Nomor: 02 tanggal 08 Juli 1988 secara resmi didirikanlah Yayasan Pendidikan Islam DR. KHEZ. Muttaqien sebagai lembaga/ yayasan yang menaungi STT DR. KHEZ. Muttaqien yang beralamatkan di jalan Let. Jend. Basuki Rahmat No.37 Sindangkasih Purwakarta.

Kemudian dalam perkembangannya, berdasarkan surat  keputusan Menteri Agama nomor 68/ 1991 tertanggal 23 April 1991, yang awalnya Sekolah Tinggi Tarbiyah (STT) berubah menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) DR. KHEZ. Muttaqien dengan hanya memiliki 1 (satu) jurusan program sarjana (S1) Pendidikan Agama Islam dengan status terdaftar.  Dan selanjutnya, Menteri Agama Republik Indonesia melalui Surat Keputusan Nomor 378 tahun 1995 tertanggal 21 Agustus 1995 menetapkan perubahan nama kembali dari nama Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) DR. KHEZ. Muttaqien menjadi Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) DR. KHEZ. Muttaqien yang masih berlaku sampai saat ini.

Dalam perjalanannya yang sangat panjang tersebut, STAI DR. KHEZ. Muttaqien sebagai salah satu Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta (PTKIS) yang berada dalam koordinasi KOPERTAIS Wilayah II Jawa Barat dan Banten yang berkedudukan di Bandung, kini STAI DR. KHEZ. Muttaqien memiliki berbagai program studi pilihan yakni 6 (enam) program sarjana (S1) di antaranya program sarjana Pendidikan Agam Islam (PAI), Pendidikan Bahasa Arab (PBA), Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD), Ahwal al-Syakhsiyyah (Hukum Keluarga), Ekonomi Syari’ah, dan Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) serta 1 (satu) program pascasarjana magister (S2) Pendidikan Agama Islam dengan status terakreditasi.

Sebagai salah satu perguruan tinggi Islam tertua yang ada di Purwakarta, STAI DR. KHEZ. Muttaqien senantiasa terus berbenah diri dalam rangka meningkatkan standar mutu, kinerja dan evaluasi yang berkesinambungan dengan harapan STAI DR. KHEZ. Muttaqien ke depan terus berkembang pesat menuju perguruan tinggi yang berkualitas, unggul, kompetitif dan profesional.***